Tangerang – Rabu (16/05) Dalam rangka menambah pengetahuan pada matakuliah meteorologi observasi, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berkunjung ke Stasiun Meteorologi Soekarno Hatta.

Kegiatan yang disambut oleh Eko Wardoyo, M.Si selaku Kepala Seksi Observasi ini dibagi menjadi 5 pos.

Pos awal, mahasiswa ITB di arahkan menuju lantai 2 gedung operasional observasi. Para mahasiswa dijelaskan secara umum profil singkat serta alat-alat yang digunakan dalam pengamatan observasi meteorologi yang disampaikan langsung oleh Kasie Obs Stamet Soetta.

Pos 1 di taman alat, penjelasan mengenai fungsi-fungsi alat konvensional dan cara penggunaanya oleh M.Fachrurrozi,S.Tr.

Pos 2 di lantai 2 gedung operasional observasi, Eria W Nangimah,S.Tr memberikan penjelasan mengenai proses input data dan pengiriman data dengan menggunakan aplikasi obstool dan cmss serta fungsi awos dan cara pengiriman data metar melalu awos ke Air Traffic Controller (ATC).

Selanjutnya di pos 3 yaitu pos aerologi para mahasiswa dijelaskan mengenai proses pengamatan radiosonde serta data outputnya, dan bagaimana data tersebut dipakai untuk prakiraan cuaca. Selain itu dijelaskan juga cara input data pibal serta pengiriman data temp dan data pibal menggunakan cmss oleh Soni Soehardono,S.Tr.

Pos terakhir yaitu pos 4 para mahasiswa ITB diarahkan menuju lantai 3 gedung operasional observasi Stamet Soetta.Di Pos 4 ini mereka melakukan pengamatan pibal secara langsung bersama Eko T Nurcahyono, A.Md selaku Kepala Kelompok Observasi. Para mahasiswa dijelaskan juga mengenai fungsi theodolite untuk pengamatan pibal dan bagaimana mendapatkan data dari theodolite.

0 Komentar


Isi Komentar