Layanan informasi meteorologi penerbangan di Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta telah menerapkan  manajemen mutu  berstandar ISO 9001 sejak tahun 2009 dari versi ISO 9001:2008 yang kemudian pada tahun 2016 berubah ke versi ISO 9001:2015. Standar Manajemen ISO 9001 merupakan standar manajemen mutu yang bertujuan untuk menjaga kualitas produk yang dikeluarkan sehingga tercapainya kepuasan para customer.  Untuk mendukung penerapan manajemen mutu ISO 9001:2015, Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta melakukan kegiatan review daftar resiko pada tanggal 31 Mei 2023 dan kegiatan audit eksternal dari SGS pada tanggal 13 -14 Juni 2023.

Kegiatan review daftar resiko merupakan kegiatan untuk mereview kembali daftar resiko yang dimiliki oleh Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta, terkait perubahan tingkat kemungkinan terjadinya resiko, dampak (impact) dan mengukur tingkat/nilai risiko dengan mempertimbangkan pengendalian/kontrol yang tersedia dan menganalisa kemungkinan daftar resiko baru.  Pada kegiatan ini setiap unit menganalisa daftar resiko yang dimiliki dan mempresentasikan jika ada perubahan-perubahan. Dan perubahan daftar resiko yang signifikan pada kegiatan ini terjadi pada manajemen puncak dimana sebelumnya, daftar resiko yang dimilikinya dimasukkan ke dalam daftar resiko bagian tata usaha.

Pada kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 31 Mei 2023 di ruang rapat Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta yang dihadiri oleh Management Representatif, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Koordinator Bidang Observasi, Koordinator Bidang Data dan Informasi, dan Kepala Kelompok beserta perwakilan setiap kelompok. Dan harapannya, dengan adanya pembaharuan  manajemen resiko ini, dapat memonitoring dan mengevaluasi resiko-resiko yang dimiliki sehingga bisa memperkecil kemungkinan terjadinya resiko tersebut. Dan dengan adanya pengendalian resiko yang dimiliki ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kita kepada user.

Pada tanggal 13-14 Juni telah dilaksanakan audit surveilan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 oleh badan sertifikasi SGS pada seluruh unit yang ada di Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta. Bertindak selaku auditor selama dua hari adalah Joko Sumpono. Kegiatan ini diawali dengan opening meeting yang dipimpin oleh Kepala Stasiun yaitu Achadi Subarkah Raharjo yang dihadiri oleh Tim Manajemen, Auditor dan Auditee. Dalam opening meeting ini, Bapak Achadi memaparkan tugas dan fungsi Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta serta jenis pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa.

Fokus audit surveilan ini bertujuan untuk memastikan konsistensi dari penerapan Sistem Manajemen Mutu yang ditetapkan, perencanaan yang disusun dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan dan pemeliharaannya di semua unit kerja. Organisasi perlu untuk melakukan verifikasi terhadap sistem manajemen mutu yang berkelanjutan serta review terhadap efektifitas tindakan pencegahan atas temuan ketidaksesuaian sebelumnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan informasi meteorologi penerbangan kepada user.[yuli]

 

0 Komentar


Isi Komentar