LAPORAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT Semester I 2020

PENDAHULUAN

Stasiun Meteorologi Penerbangan adalah Unit Pelaksana Tugas dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang bertugas untuk melaksanakan pengamatan dan pelayanan di bidang informasi meteorologi untuk keselamatan penerbangan. Oleh karena itu di setiap bandara didirikan stasiun Meteorologi, dengan tujuan untuk menunjang pelayanan keselamatan penerbangan. Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan informasi meteorologi di Bandara Soekarno Hatta. Dalam melaksanakan tugasnya, Stasiun Meteorologi Soekarno Hatta senantiasa berupaya untuk memperbaiki diri guna meningkatkan kepuasan para pemangku kepentingan, khususnya kepada masyarakat. Masyarakat yang dimaksudkan disini adalah anggota masyarakat atau instansi pemerintah maupun swasta  yang menggunakan layanan berupa hasil pengamatan meteorologi. Peningkatan pelayanan masyarakat ini seiring dan sejalan dengan tekad pemerintah yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah.

  1. Latar Belakang

Kepuasan masyarakat adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan masyarakat dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Pengukuran kepuasan masyarakat merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila masyarakat merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik.Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistim penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap populasi sasaran.

 2. Tujuan

Survei kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan informasi meteorologi yang dilakukan Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno Hatta. Adapun sasaran yang ingin dituju adalah :

  1. Mendorong Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta untuk dapat melakukan perbaikan sesuai dengan hasil penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan, dan
  2. Mendorong Stasiun Meteorolgi Kelas I Soekarno-Hatta untuk dapat menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Sesuai dengan Permenpan No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman penyusunan Survei kepuasan Masyarakat. Unit pelayanan publik, ruang lingkup Survei Kepuasan pelayanan Stamet Kelas I Soekarno-Hatta meliputi 9 unsur:

  1. Persyaratan memperoleh layanan,
  2. Prosedur layanan,
  3. Waktu Pelayanan,
  4. Biaya/Tarif,
  5. Produk spesifikasi ( Kesesuaian ),
  6. Perilaku pelaksana,
  7. Maklumat Pelayanan
  8. Penanganan pengaduan
  9. Sarana dan prasaran

 3. Metode

Pengumpulan data dilakukan dengan survei elektronik (e-survei) dengan cara membagikan  kuesioner kepada pengguna layanan melalui web stasiun Meteorologi Soekarno Hatta (meteosoetta.com) untuk  mengisi Google Form kuisioner Survei Kepuasan pelanggan. Pelanggan adalah airline dan mitra kerja yang menggunakan informasi cuaca untuk penerbangan Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta sebanyak 13 instansi dan airline, namun hanya 10 ( sepuluh Responden ) yang mengisi Kuisioner.

Tim SKM

Tim Survei Kepuasan pelanggan Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta Terdiri dari :

  1. Ketua Tim : Wisnu Karya Sanjaya, Si,. M.Si
  2. Sekretaris : Yesi Ratnasari, S.T
  3. Anggota : Siswahyanti,S.Si,  Tri Suwito Abdy, S.T.

  4. Jadwal SKM

Survei  Kepuasan Masyarakat dilakukan pada tanggal 1 – 10 April 2020 selama 10 (sepuluh) hari.

ANALISA

Perhitungan atas hasil survei kepuasan masyarakat disajikan dalam bentuk skoring/nilai dengan nilai adalah angka 1 hingga 4 dengan tujuan untuk memudahkan dalam perhitungan seberapa besar kenaikan atau penurunan tingkat kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Teknik analisis perhitungan indeks kepuasan masyarakat pada kuesioner, dilakukan dengan prinsip indeks yang ditetapkan berdasarkan keputusan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara : Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no 14 tahun 2017 tentang Pedoman penyusunan Survei kepuasan Masyarakat. Unit pelayanan publik.

P E N U T U P

Kesimpulan dan saran

Berdasarkan prosentase banyaknya pilihan dari setiap unsur layanan, dapat disimpulkan  bahwa ada beberapa kekuatan dalam pelayanan yaitu mengenai persyaratan memperoleh pelayanan dan prosedur pelayanan.  Namun Masih ada 1 ( satu ) responden yang menilai kurang baik  yaitu pada unsur waktu pelayanan. Hal ini perlu dievaluasi untuk selanjutnya dilakukan perbaikan agar pelayanan dapat diberikan tepat waktu sesuai yang diperlukan masyarakat.. 

Untuk unsur Produk Spesifikasi ( Kesesuaian ) mempunya nilai Indek Kepuasan Masyarakat terendah : 3.3. Hal ini perlu ada komunikasi dengan pelanggan agar produk yang diberikan sesesuai yang dibutuhkan pelanggan dengan tidak melanggar peraturan yang ada.

Pada survei kali ini Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta juga menerima beberapa kritik dan saran dari pelanggan :

  1. Teknologi penunjang pemantauan cuaca agar lebih ditingkatkan.
  2. Sinergi tetap selalu dijaga.
  3. Bandara kecil harus update juga
  4. Agar lebih itingkatkan lagi dalam pelayanan BMKG untuk mempermudah pihak Air Line dalam menganalisa TAFOR maupun METAR.

 Survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan perlu dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik serta kemungkinan replikasi inovasi pelayanan publik.

 

0 Komentar


Isi Komentar

PELAYANAN