Tangerang – (06/07) Keselamatan penerbangan merupakan prioritas Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta sebagai penyedia layanan cuaca penerbangan. Salah satu implikasinya adalah dengan melakukan diskusi dengan PT. IAA terkait mitigasi cuaca dan volcanic ash. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Capt. Rd. Achmad Sadikin, selaku Director of Safety beserta manager dan FOO, dan disambut oleh Catur Winarti, SP selaku Kepala Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta.

Kegiatan tersebut membahas tentang kerjasama yang telah dan akan dilakukan dalam meningkatkan layanan penerbangan. PT. IAA juga akan menyusun MoU, program kerjasama, dan detil permintaan layanan cuaca penerbangan yang dibutuhkan. Jarak aman pesawat dapat terbang di dekat area poligon sebaran letusan gunung berapi juga didiskusikan.

Untuk ke depannya, PT. IAA juga berencana untuk mengadakan pertemuan antara BMKG, PT. Airnav, PT. IAA, dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Pertemuan tersebut bertujuan untuk menentukan dasar klasifikasi status Aviation Color Code, karena referensi regulasinya belum jelas. Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta juga siap jika PT. IAA menginginkan adanya kelas khusus untuk kegiatan sharing knowledge.

-Mochammad Donny Anggoro, S.Tr-

0 Komentar


Isi Komentar